SEAMO/SEAMOLEC

SEAMO/SEAMOLEC

12-05-2010
semaki terkesan saya dengan program dari Dinas Pendidikan namun

siapa sebenarnya SEAMEO ini
SEAMEO didirikan sejak tanggal 27 Februari 1997, SEAMOLEC tidak hanya memprioritaskan pada penyusunan dokumen hukum sebagai pusat SEAMEO yang baru tetapi juga melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan dan fungsinya.

Selama pra-pembentukan SEAMOLEC, sebuah Task Force Indonesia (ITF) instansi terkait merupakan dibentuk.Anggota-anggota Satuan Tugas Indonesia adalah perwakilan dari Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (Pustekkom), Open Learning Universitas Indonesia (UT), Biro Kerjasama Internasional Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Biro KLN), dan Asosiasi Indonesia teknolog Pendidikan (IPTPI).

Kemudian, ITF diperpanjang menjadi SEAMOLEC Studi Kelayakan Tim yang terdiri dari wakil-wakil dari Negara-negara Anggota SEAMEO dan Sekretariat SEAMEO. Tim ini adalah untuk mempersiapkan dan melakukan studi kelayakan untuk pembentukan SEAMOLEC. Tim ini telah bekerja sangat keras melalui dua workshop SEAMEO (yang dilakukan di Jakarta dan Yogyakarta) dan akhirnya berhasil bisa menyelesaikan tugas dengan menyampaikan laporan studi kelayakan untuk Pejabat Tinggi SEAMEO Meeting (HOM) di Bangkok, Thailand dan Konferensi Dewan SEAMEO di Manila, Filipina.

Alasan untuk pembentukan SEAMOLEC, antara lain adalah keyakinan bahwa sekolah konvensional saja tidak akan dapat memenuhi pendidikan untuk semua. Selain itu, beberapa negara anggota SEAMEO telah menerapkan program terbuka dan jarak jauh belajar sebagai cara alternatif untuk meningkatkan kesempatan dan akses bagi pelajar untuk berpartisipasi dalam pendidikan / program pelatihan.

Masih ada beberapa negara-negara anggota SEAMEO yang belum diimplementasikan apapun terbuka dan program-program pembelajaran jarak jauh meskipun kebutuhan pendidikan dan pelatihan tidak dapat disediakan oleh lembaga konvensional yang ada. Dalam rangka meningkatkan pelaksanaan pembelajaran terbuka dan jarak jauh dan mendorong pertumbuhan yang sudah ada program pembelajaran terbuka dan jarak jauh untuk memenuhi permintaan “pendidikan untuk semua”, proposal proyek SEAMOLEC dikembangkan.

APA MANFAATNYA
Penerima manfaat langsung dan langsung adalah lembaga yang memberikan pendidikan dan pelatihan melalui pembelajaran jarak jauh. Namun penerima manfaat utama dimaksud adalah:

* Para trainee, mahasiswa dan peserta dari seluruh sektor masyarakat, baik laki-laki dan perempuan, perkotaan dan pedesaan, yang tidak dapat memperoleh manfaat dari pendidikan tradisional dan sistem pelatihan.
* Laki-laki dan perempuan yang sudah dalam angkatan kerja yang ingin meningkatkan keterampilan mereka atau untuk mendapatkan kompetensi baru untuk meningkatkan pengembangan karir mereka dan kesempatan kerja.
* Orang dewasa yang ingin meningkatkan standar pendidikan mereka melalui perubahan kedua modalitas.
* Tradisional pendidikan dan lembaga-lembaga pelatihan yang akan memanfaatkan materi pembelajaran jarak jauh yang baik sebagai bagian dari pembelajaran mereka penyediaan sendiri.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s