khasiat Ubi Jalar Merah Bagi Kesehatan

11-06-2010

Khasiat Ubi Jalar Merah Bagi Kesehatan

Oleh : Wied Harry Apraidji, Ahli Gizi dan Kuliner

 

Sekarang jangan pernah lagi menyia-nyiakan ubi jalar merah, karena khasiatnya lebih dahsyat darisekedar menjaga kesehatan mata.

 

Sekelompok antioksidan yang tersimpan dalam ubi jalar merah mampu menghalangi lajuperusakan sel oleh radikal bebas. Karenanya ubi jalar merah dapat mencegah kemerosotan daya ingat dan kepikunanpenyakit jantung koronerserta kanker. Plus bonus sehat lainnyatermasuk membuat kita tetap awet muda.

 

Ubi jalar merah mengendalikan produksi hormone melatonin yang menghasilkan kelenjar pinealdi dalam otakMelatonin merupakan antioksidan andal yang menjaga kesehatan sel dan system saraf otak, sekaligus mereparasinya jika ada kerusakan. Kurang asupan vitamin A menghambatproduksi melatonin dan menurunkan fungsi saraf otak, sehingga muncul gangguan tidur danberkurangnya daya ingat.

 

Keterbatasan produksi melatonin berbuntut menurunkan produksi hormon endokrin, sehinggasistem kekebalan tubuh merosot. Kondisi ini memudahkan terjadinya infeksi dan mempercepat laju proses penuaan.

 

Ubi jalar merah yang berlimpah vitamin A & E dapat mengoptimumkan produksi hormon melatonin. Dengan rajin makan ubi jalar merahketajaman daya ingat dan kesegaran kulitserta organ tetap terjaga. Yang unik, kombinasi vitamin A (betakaroten) dan vitamin E dalam ubi jalar merah bekerja sama menghalau stroke dan serangan jantung.

 

Betakarotennya mencegah stroke sementara vitamin E ubi jalar merah mecegah terjadinya penyumbatan dalam saluran pembuluh darah, sehingga munculnya serangan jantung dapat dicegah.

Ubi jalar yang termasuk umbi-umbian murah ini jarang masuk dalam menu keluarga kita, padahal di dapur Baratubi jalar merupakan primadona. Pada perayaan hari besar besar, seperti Natal danThanksgiving Day, penduduk AS lazim membuat sajian eksklusif dari ubi jalar seperti cakekue keringpure pelengkap steak atau salades krimpudingmuffinsoufflepancakekroket,sup krim, maupun sebagai taburan hidangan panggang (au gratin).

 

Merah” pertanda kaya betakaroten. Kita mengenal ada beberapa jenis ubi jalar. Yang paling umum adalah ubi jalar putih. Selain itu ada juga yang ungu maupun merah. Sekalipun disebut ubi jalar merah, sebenarnya warna daging buahnya adalah tidak merah, tapi kekuningan hingga jinggaalias oranye.

 

Mengapa pilih yang merah ? Dibanding ubi jalar putih, tekstur ubi jalar merah memang lebih berairdan kurang masir (sandy), tapi lebih lembut. Rasanya tidak semanis yang putih padahal kadar gulanya tidak berbeda.

 

Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram, ubi jalar merah yangberwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakarotenubi jalar merah yangberwarna jingga tersimpan 9900 mkg (32967 SI) betakarotin.

 

Makin pekat warna jingganya, makin tinggi kadar betakarotennya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuhSecangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50.000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli, yang menggembirakan perebusan ubi jalar hanya merusak 10% kadar betakaroten, sedangkan penggorengan atau pemanggangan dalam oven hanya 20%. Namun penjemuranmenghilangkan hampir separuh kandungan betakaroten, sekitar 40%.

 

Menyantap seporsi ubi jalar merah kukus / rebus sudah memenuhi anjuran kecukupan vitamin A 2100 – 3600 mkg sehari. Didukung Pasukan Zat Gizi lain selain betakaroten, warna jingga pada ubi jalar juga memberi isyarat akan tingginya kandungan senyawa lutein dan zeaxantin, pasangan antioksidan karotenoid. Keduanya termasuk pigmen warna sejenis klorofil merupakan pembentukvitamin ALutein dan zeaxantin merupakan senyawa aktif yang memiliki peran pentingmencegahproses perusakan selUbi jalar merah juga kaya vitamin E. Dari 2/3 cangkir ubi merah kukusyang dilumatkan diperoleh asupan vitamin E untuk memenuhi kebutuhan sehari.

 

Satu buah sedang (100 g) ubi jalar merah kukus hanya mengandung 118 kalori, 1/4 kalori sepotong black forest cake. Zat gizi lain dalam ubi jalar merah adalah kaliumfosformangan dan vitamin B6. Jika dimakan mentah ubi jalar merah menyumbang cukup vitamin C.

 

Makan 1 buah sedang ubi jalar merah mentah sudah memenuhi 42 % anjuran kecukupan vitamin C sehari. Dibanding dengan havermut (oatmeal), ubi jalar merah lebih kaya serat, khususnyaoligosakaridaMenyantap ubi jalar merah 2 – 3 kali seminggu membantu kecukupan serat. Apabila dimakan bersama kulitnya menyumbang serat lebih banyak lagi.

 

=== OOO ===

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s